Laman

Minggu, 26 September 2010

Siomay Sayur (Real Vegetable Siomay)

Jajanan siomay, siapa yang ga suka sama makanan satu ini? Semua pasti suka, dari anak-anak sampe orang dewasa. Siomay adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan kanji/ tapioka. Tentunya yang membuat banyak orang suka adalah kandungan atau isi dari siomay itu, misalnya daging atau ikan.
Nah, gimana kalo kita alergi daging/ ikan?? Saya banget itu, alergi ikan/ seafood :(. Solusi paling tepat untuk orang-orang dengan halangan seperti itu adalah be a vegetarian. Nah lho, pengen makan siomay tapi harus jadi vegetarian? Bisa aja, ya makan siomay yang ga pake daging/ ikan. SIOMAY SAYUR, bener-bener cuman pake sayuran.
Apa aja yang dibutuhkan, cekidot!! :)

Bahan :
1 cangkir tepung terigu
1 cangkir tepung kanji
2 siung bawang putih
1 sendok teh garam
1 buah kemiri
1 sendok teh lada hitam
Daun bawang
Jamur tiram
Kulit Pangsit/ Lumpia
Air secukupnya

Cara Membuat :
1. Haluskan bawang putih, kemiri, lada hitam dan garam.
2. Campur bahan yang dihaluskan dengan tepung terigu dan tepung kanji.
3. Buat adonan tepung, dan masukkan irisan daun bawang serta irisan jamurnya.
4. Masukkan 1 sendok makan adonan ke dalam kulit pangsit dan buat seperti bungkusan.
5. Didihkan air dalam panci kukus (dandang).
6. Tunggu 10-15 menit, setelah matang angkat dari kukusan.

Selesai sudah membuat siomay sayur, dan tinggal menikmatinya dengan saus atau sambal kacang. Mau divariasi pake tahu juga bisa, semua tergantung kreatifitas kita aja. Ehm, ditambah kentang rebus juga enak. Kalo pengen seperti batagor, ya tinggal goreng aja siomay-nya. Pokoknya terserah .. hehehe
Kenapa jamur? Jamur memiliki tekstur mirip daging, jadi nanti setelah siomay jadi akan ada kenyal-kenyal kayak daging/ ikan tapi itu jamur. Enak pokoknya dan dijamin kita ga bakal gatel-gatel karena alergi. Selamat mencoba ..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar